Inilah Cara Menghilangkan Melasma Secara Medis Dan Alami

Inilah Cara Menghilangkan Melasma Secara Medis Dan Alami
Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Cara Alami dan Medis

sumber gambar: honestdocs.id

Melasma atau chloasma merupakan masalah kulit yang lazim dialami oleh kebanyakan orang. Bersumber pada American Academy of Dermatology mendata sekitar 90% pasiennya ialah berjenis kelamin wanita. Masalah kulit ini mengakibatkan wajah memiliki bercak berwarna cokelat keabu-abuan. Bercak tersebut biasanya berada di batang hidung, dagu, dahi, pipi, dan di atas bibir. Tak hanya wajah, bercak juga akan timbul pada bagian kulit yang sering terkena paparan sinar matahari. Contohnya ialah leher dan lengan bawah. Keturunan India, Timur Tengah, Latin/Hispanik, Mediterania, Afrika Utara, Afrika−Amerika, dan Asia memiliki pigmen kulit gelap akan lebih cenderung mudah terdampak masalah kulit ini. Faktor genetik/riwayat keluarga yang pernah mengalami melasma juga menjadi alasan seseorang ikut terkena melasma. Akan tetapi jangan khawatir sebab ini dapat ditangani dengan mengetahui cara menghilangkan melasma.

Salah satu cara menghilangkan melasma ialah dengan menghindari segala hal yang menjadi penyebabnya. Adapun penyebab utama seseorang terkena melasma sesuai artikel pada hellosehat.com yaitu terkena paparan sinar UV dari matahari, produk kosmetik, dan perubahan hormon. Perubahan hormon yang dimaksud ialah perubahan yang terjadi setelah menggunakan pil KB oleh wanita hamil. Jadi cara menyembuhkannya dengan tidak mengonsumsi pil KB, hindari paparan sinar UV secara langsung, dan menggunakan kosmetik yang cocok dengan kulit anda. Namun bagi anda yang sudah mencegah penyebab melasma masuk tapi bercak masih ada maka anda dapat mengonsumsi obat lain secara medis, yaitu.

  1. Tretinoin Dan Kortikosteroid

Dermatologis menyarankan penggunaan kortikosteroid atau tretinoin untuk meningkatkan pencerahan kulit dan perawatan kult jerawat. Alhasil bercak pada kulit akan menghilang. Obat-obatan ini memiliki kandungan kortikosteroid, tretinoin, dan hydroquinone. Campuran tiga kandungan ini sering disebut sebagai triple krim.

  1. Hydroquinone

Obat ini paling umum dikonsumsi oleh pasien melasma. Kinerja obat ini ialah mencerahkan kulit dan menyamarkan melasma. Cara menghilangkan melasma dengan obat ini ialah mengoleskan krimnya pada kulit. Selain dalam bentuk krim, obat ini dapat anda konsumsi dengan bentuk cairan, gel, atau lotion. Anda dapan membeli obat ini di toko manapun tanpa harus sesuai resep dokter. Namun kekurangannya ialah kandungan hydroquinone dalam obat tidak sebanyak dengan resep dari dermatologis.

  1. Obat Salep

Obat salep ini telah diresepkan oleh dokter dengan tambahan asam kojic atau azelaic agar kulit menjadi cerah. Akan tetapi obat ini tidak mampu menjamin kesembuhan pasien 100%. Biasanya akan ada prosedur tambahan untuk melengkapinya. Berdasarkan laman doktersehat.com, caranya dengan melakukan perawatan, seperti chemical peeling, dermabrasi, light therapy, perawatan laser, dan mikrodermabrasi. Tentunya prosedur ini hanya dapat dikerjakan oleh seorang dermatologis atau tenaga profesional lainnya. 

Cara menghilangkan melasma juga dapat dilakukan dengan alami dan anda dapat mencobanya di rumah, dengan cara:

  1. Melindungi kulit anda dari pancaran sinar matahari secara langsung. Caranya meliputi penggunaan topi bertepi lebar saat keluar rumah, menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30, dan memakai pakaian tertutup.
  2. Menggunakan tabir surya setiap hari.
  3. Tidak melakukan waxing.
  4. Hindari Stres.
  5. Perawatan Holistis.
  6. Mengonsumsi paper mulberry.

Adanya perubahan bercak pada wajah memang tidak dapat menimbulkan gangguan fisik. Namun jika anda menyadarinya sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter spesialis kulit atau dermatologis. Hal ini karena setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda sehingga penanganannya juga menyesuaikan tipe kulitnya. Berhati-hatilah dalam menggunakan kosmetik. Sebab produk perawatan kulit yang salah atau tidak sesuai dengan tipe kulit akan dapat memperparah masalah melasma. Selain itu, hindari paparan sinar UV dari matahari karena akan membuat melanosit terangsang. Akibatnya masalah kulit ini akan timbul lagi dan lagi. Hal ini karena seperti kutipan pada Medical News Today bahwa kerusakan melanosit yang berperan sebagai sel pembuat warna kulit menjadi salah satu penyebab melasma.